11
Sep
Ide bisnis minuman kemasan paling gila mungkin datang dari pendiri Aqua, Tirto Utomo. Sebuah merk generik AMDK
di Indonesia. Ia keluar dari Permina, sekarang pertamina, dari jabatan
strategis kepala pemasaran yang menawarkan keamanan hidup. Tirto
terbilang nekat saat berniat menjual air putih yang bisa di dapatkan
dengan gratis. Menurut pengalaman, tahun 70an orang diberi cuma-cuma pun
masih berpikir untuk mengkonsumsi Aqua. Masyarakat terlalu awam. Dan
lebih buruk, produksi pertama Aqua berbentuk kemasan botol kaca ukuran
950 ml dijual dengan harga Rp.75, hampir dua kali lipat harga bensin
yang saat itu bernilai Rp.46 untuk 1.000 ml. Belum lagi merk pesaing
lain seperti Coca cola, Sprite, atau 7 Up sedang naik.
Namun pikiran Tirto bukan untuk satu
dekade. Ia melihat masa depan dan percaya ini bakal jadi minuman kemasan
yang laris. Betul saja. Tahun 1981, Aqua mengganti kemasan kaca menjadi
plastik sehingga melahirkan berbagai varian kemasan. Hal ini membuat
distribusi jadi lebih mudah dengan harga terjangkau berbagai
kalangan. Sekarang anda bisa lihat bagaimana kesuksesan PT. Aqua Golden
Mississippi tersebut. Merk ini dinobatkan sebagai air minum kemasan
terbesar di Asia Pasifik dan nomor dua di dunia. Sebuah prestasi yang
mungkin tidak pernah terbayang saat pertama dipasarkan.
Dan inspirasi terbaik dari kisah sukses
Aqua bukan kenekatan Tirto yang memilih jalan gelap berbatu sebab ia
tahu di ujung jalan, di puncak sana ada pemandangan menakjubkan. Tidak
pula karena menuruti Feng Shui, nama Tirto lebih cocok kerja dengan air
bukan minyak. Sukses itu berawal dari cara sederhana; mengganti kemasan
kaca. Cukup itu.
Dari ide usaha ini juga, kita akhirnya banyak melihat merk minuman kemasan mulai Siiplah, Asam Jawa, Ale-Ale, Flow, Gogo, Pocari hingga Mizone
terpajang di rak atau showcase toko. Minuman kemasan yang muncul saat
ini juga menawarkan rasa dan bahan lebih bervariasi, bukan hanya green
tea (teh hijau) atau kopi namun berbagai rasa buah, kacang hijau,
herbal, yogurt, air kelapa bahkan Kefir. Dan hal pertama yang anda
butuhkan untuk menjadi pengusaha minuman kemasan gelas adalah cup sealer.
Cup Sealer Tipe Apa Yang Dibutuhkan?
Tergantung. Kalau ingin membuat pabrik dengan kapasitas produksi ribuan cup minuman perhari, mesin cup sealer otomatis
GD series adalah yang terbaik. Beda cerita bila hanya menjual minuman
cepat saji dengan modal tidak besar seperti cappucino cincau, es jus,
bubble tea, atau pop ice, anda hanya perlu cup sealer manual atau
otomatis mini.
Peluang usaha minuman
kemasan ini sama-sama menguntungkan. Contoh usaha minuman kemasan pop
ice. Dengan berjualan di tempat yang ramai anak-anak seperti sekolah,
membuka booth di foodcourt seperti Pujasera atau menyewa tempat di
halaman toko, Alfamart atau Indomaret setidaknya keuntungan 2 juta
rupiah bersih sudah bisa di dapat. Anda bisa membuka gerai minuman
kemasan dengan manajemen pribadi ataupun model francise. Kami tidak
perlu terlalu jauh memberikan contoh proposal usaha minuman kemasan ini
karena modalnya minim dan prosesnya mudah. Yang diperlukan bukan lagi
proposal namun kemauan anda untuk berjualan serta doa yang mujarab
kepada Tuhan.
Selain itu, anda juga bisa menggunakan
sistem mobile atau keliling. Bisnis ini bersifat jemput pelanggan.
Keuntungan yang di dapatkan tentu lebih maksimal sebab anda tidak harus
duduk menunggu. Selain itu anda tidak perlu menyewa tempat. Sangat
mudah. Lalu bagaimana listriknya? cukup pakai Aki AC. Mesin yang dipakai
hanya Dispenser Jus dan Cup Sealer.
Namun apabila anda ingin membuka bisnis
usaha minuman kemasan gelas kuantitas besar yang di pasarkan antar kota,
ini perlu metode lebih kompleks. Modal usaha minuman kemasan ini cukup
banyak, setidaknya untuk membawa pulang Mesin Cup Sealer GD series 2
line anda butuh dana 100 juta. Mesin ini mampu mengisi cairan dan
menutup gelas cup sekaligus. Selain itu anda harus memperhatikan
berbagai hal seperti, ketersediaan material, cara membuat minuman
kemasan, izin usaha, standart keamanan (kandungan minuman harus bebas
dari zat berbahaya seperti timbal), hingga strategi pemasaran. Dan semua
syarat ini akan kami ulas di bawah.
Analisa Usaha Minuman Kemasan Kelas Industri
Poin-poin berikut kami ulas mulai dari
awal perencanaan industri hingga pada bagian paling akhir dari suatu
proses yaitu pemasaran. Penulisan gambaran umum ini berdasarkan
pengalaman tim riset kami. Apa saja yang harus anda perhatikan.
1. Ketersediaan Bahan Baku
Dalam industri apapun ketersediaan bahan
baku penting. Penentuan bahan baku ini di dasarkan pada beberapa hal
seperti harga, tren dan kemudahan mendapatkanya. Misalnya anda membuat
minuman kemasan teh, anda harus paham bagaimana harga teh dan
fluktuasinya di pasar, jenis teh apa yang ingin anda sajikan, serta tren
yang berkembang. Apakah minuman teh terlalu banyak pesaing, peminatnya
turun apa naik, bagaimana di banding minuman kemasan yang baru seperti
yogurt atau kefir. Ini harus terencana dengan matang.
Dari segi bahan baku, bila anda tinggal
di Indonesia tidak usah kawatir sebab negara ini di berkahi kualitas
tanah yang baik, sumber daya alam dan manusia melimpah. Apalagi trend
minuman kemasan diprediksi akan mengalami peningkatan. Sebuah survey
oleh Canadean memprediksi jika tahun 2012, masyarakat Asia akan menjadi
konsumen minuman terbesar di dunia.
2. Cara Membuat Minuman
Ini berkaitan dengan teknologi pangan.
Pertama anda harus tahu formula yang tepat untuk mengolah bahan
tersebut. Disini jelas butuh seorang ahli dan tester yang bekerja di tim
R&D. Jika minuman yang mau di produksi dirasa sudah pas dan dapat
diterima oleh pasar, pabrik masih harus melakukan uji kualitas untuk
menentukan standart keamanan pangan mulai bahan pengawet apa yang layak
digunakan dan seberapa lama minuman kemasan awet disimpan.
Beberapa
industri minuman biasa memakai Sulphur dioxide, sulphites atau
bisuphites sebagai additive dan preservative agar minuman kemasan lebih
awet. Yang jelas jangan gunakan zat pengawet beresiko seperti
Na-Cycla-mate atau Saccharine. Saat semua tahap selesai anda, ia akan
masuk ke divisi pengemasan.
3. Mesin Pengemas Minuman
Untuk memastikan produk tersebut aman
dan berkualitas untuk dikonsumsi, anda harus mengemasnya dengan cup
plastik dan mesin yang bagus. Salah satu jenis bahan baku gelas plastik
yang tidak berbahaya adalah PET (Polythylene Terephthalate). Plastik ini
hanya bisa digunakan sekali. Sementara mesin pengemas minuman yang anda
butuhkan adalah cup sealer GD series. Jenis mesin press gelas plastik
ini sudah terbuat dari stainless steel. Pilihan tergantung dari
kuantitas produksi, ada yang 2 line, 4 line, 8 line hingga 16 line.
Jumlah line menunjukan seberapa besar kapasitasnya. Dan fungsi cup
sealer GD series sebenarnya bukan hanya untuk sealing tapi juga mengisi
kemasan hingga memberi tanggal kadaluwarsa.
Saat proses ini selesai, lanjutkan proses packing menggunakan carton
sealer. Semua paket usaha minuman kemasan ini dapat anda dapatkan di
Benuamesin.com.
4. Izin Usaha Minuman Kemasan
Alasan inilah kenapa tiga proses di atas
menjadi penting. Untuk mengedarkan produk di pasaran anda harus
memiliki ijin edar terlebih dulu. Umumnya surat izin ada dua; dari
Dinkes/Depkes atau BPOM. Untuk Industri rumah tangga, cukup mendaftar ke
Dinas Kesehatan Kabupaten/Kodya. Pengusaha akan memperoleh Nomor SP dan
Nomor P-IRT (Pangan Industri Rumah Tangga). Nomor SP adalah Sertifikat
Penyuluhan yang diberikan kepada pengusaha kecil dengan modal terbatas.
Untuk AMDK (Air Minum Dalam Kemasan),
anda harus mendaftar ke BPOM. Nah untuk mendaftar ke BPOM dibutuhkan
surat hasil uji lab produk dan juga persyaratan administrasi lain.
Sekarang mendaftar ke BPOM tidak terlalu ribet karena pengumpulan semua
dokumen bisa di lakukan secara online, ya meski ada beberapa prosedur
yang masih offline. Kalau anda tidak mau berurusan dengan semua ini
cukup menjadi perusahaan jasa pengemasan.
Terdengar aneh? tidak sama sekali. Perusahaan pengemasan sudah sangat
lazim. Pada perusahaan tersebut, tugas anda hanya melakukan packaging
minuman. Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan lain yang hanya
memproduksi minuman. Anda juga bisa menghubungi pabrik pembuatan gelas
plastik agar fasilitas perusahaan lebih lengkap. Semua punya peluang
sendiri-sendiri. Dan perusahaan packaging diprediksi bakal mengalami
kenaikan terutama di Asia.5. Strategi Pemasaran
Setelah mendapat nomor MD dari BPOM,
proses selanjutnya adalah pemasaran. Tanpa strategi pemasaran yang
bagus? Minuman kemasan anda hanya duduk manis di gudang distributor.
Paling banter hanya jadi minuman kemasan saat lebaran. Kami sebetulnya
yakin, sebelum membuat suatu produk hal pertama yang anda lakukan adalah
meriset pasar. Selera pasar yang berkembang seperti apa, apakah minuman
kemasan yang diproduksi bakal laris di pasaran hingga sarana dan
strategi apa yang dibutuhkan untuk meningkatkan omset penjualan. Kami
melihat 80% strategi marketing minuman kemasan masih di lakukan secara
offline. Terbagus hanya membuat brosur, sponsorship berbagai acara, dan
iklan di Radio atau koran. Jika ada dana lebih pasang iklan di televisi
dengan biaya 30-45 juta/ 30 detik pada saat prime time. Lalu untuk satu
bulan? Satu tahun? Banyak, sangat banyak.
Kami yakin anda tidak mau memboroskan
uang sebanyak itu, anda ingin biaya promosi super murah namun memiliki
efek yang hampir sama besarnya. Saran terbaik: beralihlah ke pusat dunia
sekarang berkembang, internet.
Jumlah pengguna Internet di Indonesia
2016 adalah 132,7 juta user. Ini sekitar 51,5% dari total jumlah
penduduk Indonesia sebesar 256,2 juta. Internet menjadi media infromasi
tertinggi kedua setelah Televisi. Namun trend menonton televisi
cenderung stagnan sementara kebutuhan akan internet terus meningkat. Di
Amerika, sebuah riset tahun 2013 membuktikan bahwa orang menghabiskan
126 menit per hari dengan gagdet. Jumlah ini naik pada 2015 menjadi 198
menit per hari. Dan mengalahkan televisi yakni 168 menit per hari. Di
Indonesia? Perubahan tren tersebut bisa terjadi. Oleh karena itu, anda
butuh internet marketer yang handal dalam sistem ini. Dan hanya ada
sedikit orang yang benar-benar ahli bidang itu. Kami punya koneksinya.
Itulah prospek dan cara bikin usaha
minuman kemasan umum yang kami ulas. Masih banyak tips lain yang bisa
anda ketahui di tempat kami. Termasuk info terkini dalam berbisnis
minuman kemasan botol. Jangan ragu, CS ramah kami selalu menjawab setiap
pertanyaan anda. Trima kasih.